1. Bagaimanakah pendekatan ilmiah dalam penelitian pemasaran ?
• Eksploratif : mengungkapkan pendalaman suatu pandangan serta mampu menjelaskan struktur kejadiannya
• Deskriptif : berusaha menjelaskan tingkatan atau kaitan antar variabel
• Kausalitatif : berusaha menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel-variabel
2. Apakah yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran ?
Analisis situasional : permintaan, persaingan, lingkungan umum, lingkungan internal
Bauran pemasaran : aspek barang, aspek harga, aspek distribusi, aspek promosi
3. Bagaimana proses penelitian pemasaran ?
Analisis situasi dan sistem informasi
Maksud penelitian dan identifikasi masalah
Tujuan penelitian
Estimasi nilai informasi penelitian
Rancanngan penelitian
4. Apakah klasifikasi karakteristik jenis data ?
- Data sekunder ( internal atau eksternal )
- Data primer ( penelitian )
5. Apakah faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian konsumen ?
a. Lingkungan ( permintaan, tekhnologi, politik )
b. Intra organisasi ( kebijakan, prosedur, struktur organisasi )
c. Inter organisasi dan inter individu ( relasi antar pemasok, investor )
d. Individual ( umur, income, edukasi )
6. Apakah variabel psikologi, variabel sosial, kondisi pada saat membeli yang berkontribusi pada pemecahan masalah keputusan pembeli personal ?
Variiabel psikologi, sosial dan kondisi mempengaruhi keputusan pembelian, karena :
o Psikologi mencakup fisik, psikis dan hasrat
o Sosial merupakan pengaruh eksternal terhadap keputusan seseorang
o Kondisi adalah keadaan seseorang
7. Bagaimana markerter membentuk homogenitas pasar konsumen ?
- Geografis : (wilayah, pemukiman, dan perkotaan)
- Demografis : (usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan dan pekkerjaan)
- Psikografis : ( sifat, motivasi, persesi, dsb)
- Kebiasaan : ( membeli ayau mengkonsumsi)
8. Bagaimana proses segmentasi bagi calon pembeli dan pendekatan atribut yang memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli ?
Identifikasi basis segmentasi pasar
Mengumpulkan informasi pasar
Mengembangkan komposisi profit segmentasi
Penetapan konsekuensi pemasaran
Estimasi masing-masing potensi segmen pasar
Analisis peluang pasar
Penetapan penguasaan pasar
Dengan cara segmentasi ini para produsen dapat menentukan pasaran barang yang akan dijual dan dapat memudahkan para pelanggan untuk membeli karena barang-barang mereka telah di sesuaikan
Minggu, 09 Mei 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar